Cara Membuat Denah Desain Rumah Minimalis 3D dengan Sketchup

cara membuat denah rumah minimalis


Setelah saya share gambar kerja desain rumah minimalis 3 kamar pada postingan sebelumnya, saya berniat untuk membuatkan pula salah satu artikel yang akan membahas cara pembuatan denahnya dengan menggunakan aplikasi Sketchup.

Dan seperti penjelasan pada artikel saya sebelumnya, pada pembuatan denah dan gambar kerja tersebut saya hanya menggunakan aplikasi Sketchup, lebih mudah dan simple apabila dibandingkan dengan aplikasi artsitektur lainnya.

Yang saya pakai Sketchup versi 2016, dapat Anda download pada situs resmi mereka dan ada masa trialnya juga selama 30 hari. saya kira cukup untuk waktu pembuatan desain rumah minimalis 3d seperti yang Anda inginkan.. ^_^

Jika Anda berniat untuk membangun sebuah rumah minimalis impian maka buatlah sebuah denah dan juga gambar kerjanya, pastinya banyak manfaat yang akan Anda dapatkan, jika Anda ingin melihat hasil contoh gambar kerja dengan tampilan 3D silahkan agan masuk ke halaman download gambar kerja desain rumah minimalis 3 kamar #AM01. Gratisss..:)

Dan selain gambar kerja, Anda juga dapat mendownload desain rumah minimalis 3d tersebut berupa file ".skp" yang dapat Anda buka dengan menggunakan aplikasi Sketchup yang sudah terinstall dikomputer Anda.

Okkee, sekarang kita masuk pada pembahasan cara membuat denah desain rumah minimalis 3D dengan menggunakan aplikasi 3D Sketchup.

Berikut saya sertakan screenshot dari aplikasi Sketchup beserta keterangan agar lebih memudahkan dalam memahami berbagai macam tools yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

denah rumah minimalis 3d

Pertama-tama yang perlu saya jelaskan terlebih dahulu adalah tampilan yang baru saja kita lihat setelah membuka aplikasi Sketchup, disini saya memakai Default Styles yang bernama 3D Printing Style.

Menurut saya ini yang lebih enak dipandang daripada Style yang lainnya. Pilihlah menurut Anda yang lebih enak untuk masing-masing pengguna. :)

Gunakan tools bernama shapes atau yang bergambar kotak seperti pada gambar dibawah ini yang saya kasih tanda merah.

denah rumah minimalis 3d

Klik bagian bawah lalu seret seperlunya, dan Anda dapat melihat ukuran luas ketika Anda menyeret kursur kelain arah. Kemudian klik kembali hingga muncul kotak yang siap untuk Anda proses selanjutnya.

Denah desain rumah minimalis kali ini diatas lahan berukuran 10 X 20 meter, maka sekarang kita perlu membuat lahan seluas ukuran tersebut menggunakan tools bergambar alat pertukangan yaitu meteran (Tape Measure).

denah rumah minimalis 3d

Klik pada bagian paling samping kotak, seret kearah sebelah dan pastikan ukurannya adalah 10 meter, cara yang lebih mudah yaitu dengan mengetik angka sepuluh lalu tekan enter maka hasilnya akan pas dan jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggesernya perlahan hingga Anda mendapatkan angka 10.

Setelah itu akan keluar garis acuan untuk ukuran yang sudah Anda tetapkan.

Ulangi langkah tersebut kembali untuk memberi garis acuan sepanjang 20 meter kearah belakang. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

denah rumah minimalis 3d

Kemudian kita potong dan hapus luas samping yang lebih dari batas yang ditentukan yaitu 10 X 20 meter.

Gunakan tools bergambar pensil atau Lines pada aplikasi tersebut, klik pada tiap ujung batas meteran sehingga kita mendapati hasil seperti gambar dibawah ini.

denah rumah minimalis 3d

Selanjutnya hapus bagian bidang samping yang lebih tersebut dengan cara mengklik pada bidang lalu kemudian tekan tombol delete pada keyboard Anda.

Hapuslah face maupun lines pada bagian tersebut.

Dan inilah hasilnya:

denah rumah minimalis 3d

Setelah itu garis dari acuan batas meteran tersebut boleh Anda hapus dengan cara mengklik pada garis kemudian tekan tombol delete, ataupun boleh Anda biarkan saja.

Sekarang lahan berukuran 10 X 20 meter sudah siap, selanjutnya kita akan tentukan luas tiap masing-masing persatu ruang dari desain rumah minimalis 3d tersebut.

Gunakan kembali meteran atau tools Tape Measure persis seperti langkah sebelumnya.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Type 45

Mula-mula buatlah batas luas ruang tidur belakang berukuran 3 X 4 meter (samping kiri), kali ini saya mulai dari bagian belakang lahan dengan menyesuaikan ukuran luas yang sudah ditentukan,

memulai dengan cara demikian menurut saya lebih mudah, menjadi seperti gambar dibawah ini:

denah rumah minimalis 3d

Ulangi lagi ke ruang lainnya dengan cara sebelumnya, satu persatu memberi garis acuan luas ruang hingga tidak ada garis yang tertinggal agar menetapkan titik has dari bangunan kelak menjadi mudah dan sesuai keinginan.

denah rumah minimalis 3d

Kemudian buatlah kotak persegi dengan ukuran 15cm X 15cm (ukuran tiang bangunan) menggunakan tools seperti sebelumnya yaitu Shapes, lalu bagi menjadi empat bagian seperti pada contoh gambar dibawah ini.

denah rumah minimalis 3d

Kemudian letakkan pada batas ukuran dan sejajarkan titik has dengan tengah kotak yang baru saja Anda buat, lengkapi tiap sudut ruangnya.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Modern Terbaru Luas 121m2 serta Denahnya 

Oiya.. sebelum diletakkan, jangan lupa di Group terlebih dulu dengan memblok kotak tersebut lalu klik kanan dan pilihlah “Make Group” agar kita dapat membuat duplikatnya lebih mudah.

denah rumah minimalis 3d

Sekarang Anda boleh menghapus garis acuan untuk mempermudah proses selanjutnya.

denah rumah minimalis 3d

Buatlah batasan-batasan dari tiap ruangnya menggunakan Lines, jika sudah selesai, blok lahan yang sudah mempunyai batasan-batasan tersebut kemudian Group.

denah rumah minimalis 3d

Kemudian buatlah dinding pemisah dengan mengikuti ukuran dari tiang dan batasan sebelumnya.

denah rumah minimalis 3d

Kemudian tinggikan setinggi yang Anda suka dengan menggunakan tools “Push/Pull”, disini saya tinggikan dengan ukuran 20cm saja.

denah rumah minimalis 3d

Buat kesemua pembatas hingga seperti gambar dibawah ini:

denah rumah minimalis 3d

Bisa Anda langsung kasih warna yang Anda sukai, disini saya hanya memakai warna abu tua.

denah rumah minimalis 3d

Selanjutnya bikin juga tiangnya, sama seperti membuat dinding hingga memberikannya warna yang barusan kita selesaikan.

denah rumah minimalis 3d

Sekarang kita masuk pada proses pembuatan ilustrasi pintu utama, pada desain rumah minimalis 3d kali ini, saya membuat ukuran pintu hanya berukuran lebar 70cm dikali 2.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis dengan Musholla

Mula-mula bentangkan garis acuan tepat pada titik tengah, kemudian bentangkan lagi selebar 70cm kesamping kiri dan kanan.

denah rumah minimalis 3d

Kemudian potong dinding dengan menggunakan tools Lines dan juga susutkan atau tarik kebawah menggunakan tools Push/Pull.

denah rumah minimalis 3d

denah rumah minimalis 3d

Kemudian Group dinding dengan cara mengklik 3 kali pada bagian dinding kemudian klik kanan dan pilihlah “Make Group”, hal ini menghindari dari menyatunya dinding dengan ilustrasi pintu yang akan kita buat.

Lanjut pada pembuatan pintu, gunakan lagi tools “Shapes” seperti gambar dibawah ini:

denah rumah minimalis 3d

Lalu tarik kebawah menggunakan tools “Push/Pull”.

denah rumah minimalis 3d

Klik 3 kali kemudian Group dan silahkan kasih warna yang Anda suka.

Kemudian putar kedalam hingga 90 derajat menggunakan tools “Rotate”.

denah rumah minimalis 3d

Kemudian buatlah garis bundar dengan menggunakan tools “Arcs”.

denah rumah minimalis 3d

Lalu copy paste untuk bagian pintu sebelah, tapi sebelumnya jangan lupa Group pintu dan garis bundarnya kemudian dibikin kebalikannya hingga seperti gambar dibawah ini.

denah rumah minimalis 3d

Ulangi lagi langkah yang sama seperti sebelumnya untuk membuat ilustrasi pintu di ruang lainnya.

denah rumah minimalis 3d

Bagian dalam sudah beres, kemudian kita masuk untuk teras dan bagian luar bangunan.

Edit melalui bawah dengan cara klik “Camera” kemudian “Standart Views” lalu pilih “Bottom”. Seperti gambar contoh dibawah.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Gunakan tools Lines untuk membagi bagian teras.

denah rumah minimalis 3d

Kemudian berikan keterangan tiap ukuran pada ruangan dengan menggunakan tools “Dimensions”.

denah rumah minimalis 3d

Lalu berikan warna sesuai dengan yang diinginkan untuk bagian teras, carport, juga rumput dan pada bagian lantai yang Anda inginkan.

denah rumah minimalis 3d

Sekarang denah desain rumah minimalis 3d Anda sudah jadi, sisanya hanya tinggal memasukkan objek pelengkap seperti kasur, sofa, meja dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Ide Desain Rumah Minimalis
               - Desain Rumah Minimalis Modern Wajib Punya 6 Karakter ini.!

denah rumah minimalis 3d

denah rumah minimalis 3d

denah rumah minimalis 3d

Jika Artikel ini Anda sukai dan dirasa bermanfaat, silahkan bagikan pada profil social media Anda atau boleh juga Anda masukkan dalam blog pribadi dengan syarat mencantumkan sumber kesitus saya ini.

Selamat berkarya. ^_^

4 Comments

  1. Assalamu'alaikum... Saya ingin belajar goole sketchup pada anda, bolehkah saya minta No. WA anda gan? Untuk bertanya - tanya.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. mungkin saya bukan org yg tepat gan, saya juga otudidak, hasil searching mbah google atau youtube.. maaf, kebetulan saya sekarang gak pakai WA, silahkan agan utak atik lebih sering aja sketchupnya.. nanti juga mahir sendiri kok.. semangat gan.. :)

      Delete
  2. Sangat bermanfaat,trimakasih gan

    ReplyDelete
  3. Mantap betul agan ini, sangat bermanfaat sekali ilmunya, ijin share ya gan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post